Pentingnya Hormon Insulin dalam Mengendalikan Gula Darah

Pentingnya Hormon Insulin dalam Mengendalikan Gula Darah
hormon insulin ialah suatu bagian krusial dari sistem metabolisme tubuh. tanpa hormon insulin, tubuh akan berhenti berfungsi.

insulin ialah hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. ketika kita makan, pankreas metanggalkan hormon insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energi dan disebarkan di seluruh tubuh. hormon yang satu ini juga membantu tubuh menyimpan energi tersebut.

akrabnya gula darah dan insulin

insulin membantu mengontrol kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh. caranya dengan memberi frekuwensi pada sel lemak, otot, dan hati untuk mengambil glukosa dari darah dan mengubahnya menjadi glikogen (gula otot) di sel otot, trigliserida di sel lemak, dan keduanya di sel hati. ini ialah bentuk sumber energi yang disimpan oleh tubuh.

selama pankreas memproduksi cukup insulin dan tubuh bisa menggunakannya dengan sahih, kadar gula darah niscaya akan selalu berada di dalam kisaran yang sehat. karena pada hakikatnya, kadar glukosa yang terlalu b4nyak atau terlalu sedikit tak baik bagi kesehatan.

penumpukan glukosa di dalam darah (hiperglikemia) bisa menyebabkan komplikasi seperti kerusakan ginjal dan saraf, serta masalah  pada mata. sedangkan terlalu sedikit glukosa di dalam darah (hipoglikemia) bisa membuat kita merasakan lelah, mudah marah, bingung, hingga kehilangan pencerahan, alias kelenger.

dan bila insulin di dalam darah tak cukup, sel-sel tubuh akan mulai kelaparan. insulin yg tak cukup berarti glukosa tak bisa dipecah dan artinya sel tak bisa menggunakannya. dampaknya, lemak mulai dipecah untuk membuat energi. proses tersebut kemudian mengdampakkan penumpukan bahan kimia yg disebut keton.
keton yg menumpuk di dalam darah dan urine sangat berbahaya, karena mampu memicu kondisi ketoasitakaran pada penderita diabetes. ketoasitakaran bahkan dapat mengancam jiwa jika tak ditangani secepatnya. gejalanya mencakup sering buang air kecil selama satu atau beberapa hari, sakit perut, merharapan sangat haus dan lelah, muntah, sesak napas, denyut jantung naik, pusing, mengantuk, hingga kehilangan pencerahan.

jika insulin terganggu

jika produksi atau kerja insulin terganggu, beberapa penyakit atau kondisi ini dapat 

  •  menyerang diri anda:kesadaran.diabetes mellitus. penyakit di mana kadar gula di dalam darah menjadi terlalu tinggi dampak ketakmampuan tubuh untuk memecah glukosa menjadi energi. glukosa tak dapat diubah karena jumlah insulin di dalam tubuh tak cukup, atau insulin yg dihasilkan tak bekerja dengan sahih. 
  • insulinoma, yaitu tumor kecil di pankreas hingga membuat produksi insulin menjadi berludang keringhan.
  • sindrom metabolik, yaitu sekelompok faktor khawatirko yg bisa meningkatkan khawatirko penyakit jantung dan mharapanlah kesehatan lain seperti stroke dan diabetes. keadaan di mana insulin tak bekerja menurunkan kadar gula darah, atau disebut resistensi insulin, juga bisa meningkatkan khawatirko sindrom metabolik. resistensi insulin menyebabkan kadar gula darah tinggi.
  • sindrom ovarium polikistik (pcos), kondisi generik yg memengaruhi kerja ovarium. pcos terkait dengan kadar hormon abnorharta benda di dalam tubuh, termasuk tingginya taraf insulin. b4nyak wanita dengan pcos terkonkret juga mengalami resistensi insulin. akibatnya tubuh memproduksi insulin ludang keringh b4nyak lagi.
insulin ialah salah satu hormon krusial di dalam tubuh. tanpa hormon insulin, sel-sel akan kekurangan energi dan harus mencari sumber tenaga alternatif. akibatnya, komplikasi yg mengancam jiwa dapat terjadi.

#guladarah #deabetes


EmoticonEmoticon